Timbulnya Bisnis Internasional
Peradanaganan internsional yang berekmbang saat ini telah menjadi sebuah sistem tunggal yang sangat bergantung satu sama lain, proses yang disebut globalisasi. Globalisasi telah menimbulkan perspektif baru dalam dunia perdangangan internasional. Jika dulu, banyak negara membuat kebijakan agar bisnis dalam negeri bisa terlindung dari perdangangan internasional, saat ini banyak negara yang membuat kebijakansecara agresif memberikan berbagai insentif dan kebijakan agar bisnis dalam negeri negara-negara tersebut bisa berkembang secara internsional.
Perekonomian Global kontemporer
Perdanganan internasional telah menjadi hal yang sangat penting bagi sebagian besar negara di dunia saat ini. Peningkatan teknologi dan peningkatan faktor-faktor pendukung dalam perdagangan telah menimbulkan berbagai persaingan tersendiri bagi negara-negara yang ikut andil dalam perdanganan internsioanal. Untuk mengembangkan bisnis internasional mereka, negara-negara di dunia saat ini telah mengembangkan berbagai kesepakatan dagang yang akanlebih memudahkan mereka untuk melakukan peningkatan/ekspansi penjualan ke negara-negara lain yang dianggap bisa menjadi pasar mereka.
Beberapa kesepakatan peradanganan dunia antara lain :
- General Agreement of Traiffs and Trade (GATT)
- North America Free Trade Agrement (NAFTA)
- Uni Eropa
- World Trade Organization(WTO)
Pasar Utama Dunia
Perekonomian dunia saat ini berkisar pada tiga pasar utama dunia, yaitu Amerika, Eropa dan Asia. Bank Dunia, membuat kategori tersendiri berdasarkan kepada pendapatan per kapita untk mengelompokan negara-negara tersebut.
- Negara berpendatapan tinggi, negara-negara dengan pendapatan per kapita tinggi mendapat pendapatan lebih dari $9.386 per kapita.
- Negara berpendapatan mengengah, negara-negara dengan pendapatan per kapita menengah mendapat pendapatan antara $765 sampai dengan $9.386 per kapita.
- Negara berpendapatan rendah, negara-negara dengan pendapatan per kapita kurang dari $765.
Amerika utara menjadi salah satu daerah dengan dominasi bisnis yang cukup tinggi. Kanada dan Amerika menjadi sekutu bisnis dan pesaing terbesar satu sama lain. Peruhsaan Marika mendapat keuntungan di Kanada, sementara perusahaan Kanada melakukan penjulan yang sangat sukses di Amreika. Selain itu, Meksiko menjadi sebuah pusat bisnis yang sangat menarik minat pasar dengan banyaknya tenaga kerja murah dan murahnya biaya transportasi membuat bnayak perushaan mendirikan pabrik di di daerah Meksiko.
Eropa menjadi pasar internasioanla ang terframentasi tersendiria. Sebagian sedang mengalami kemajuan di bidang bisnis internasional, sementara sebagian negara lain berkutat dengan ketidakstabilan pemerintahnya tersendiri sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi negara itu sendiri. Munculnya E-commerce dan adanya peningkatan teknologi internet, telah membuat banyak bisnis baru yang berekmbang di Eropa saat ini.
Asia Pasifik menjadi pasar perdagangan terbesar setelah Amerika Utara. Perusahaan-perusahaan besar Jepang, Korea dan Cina berperan besar dalam perdanganan internsioanl di Asia dan global. Tapi peningkatan perdanganan internasional masih belum diimbangi oleh penguasaan teknologi dan peningktan infrastruktur sehingga masih harus mengejar para pesaingnya dalam perdagangan internsional.
Bentuk-bentuk Keunggulan Bersaing
Perdanganan internasional terjadi akibat adanya perbedaan faktor-faktor sumber daya alam sehingga menimbulkan keunggulan bersaing antar negara.
-Keunggulan Absolut
Keunggulan absolut terjadi apabila suatu negara bisa memproduksi suatu barag dengan kulitas terbaik tapi dengan harga yang sangat murah. Contohya kopi dari Brazil atau minyak dari Saudi. Tapi menurut para ahli keunggulan absolut sifatnya relatif.
-Keunggulan Komparatif
keunnggulan komparatif terjadi apabila suatu negara bisa memproduksi suatu barang lebih efisien atau laebih baik daripada barang-barang lainnya. Contohnya, Amerika bisa memproduksi lebih baik komputer dan bahan pertanian daripada Korea Selatan daripada memproduksi barang elektronik. Sedangkan Korea Selatan bisa memproduksi barang elektronik lebih baik daripada Amerika.
-Keunggulan Bersaing nasional
Keunggulan bersaing nasional terjadi karena empat faktor kondisi :
- Kondisi faktor-faktor produksi
- Kondisi permintaan, mencerminkan basis konsumen domestik yang menimbulkan permintaan terhadap inovasi-inovasi terbaru
- Industri terkait dan industri pendukung, mencakup pemasuk lokal dan/atau pelanggan industri yang kuat
- strategi, struktur dan persaingan, berkaitan dengan industri dan perusahaan ang berfous kepada penurunan biaya, kualitas produksi, produktivitas yang semkin tinggi, dan produk-produk baru yang inovatif.
Neraca Ekspor Impor
Perdanganan internsional mempunyai banyak manfaat tetapi akan menadi maslah bial tidak terjadi keseimbnagan dalam neraca ekspor dan impor. Ada 2 tolak ukur terhadap neraca ekspor dan imopr
- Neraca perdagangan
Neraca perdangan adalah total nilai ekonomi seluruh produk yang diimpor dikurangi dengan total nilai ekonomi seluruh produk yang dieskpor. Apabila total nilai ekonomi jumlah barang yang diimpor lebih besar daripada barang yang di ekspor disebut defisit perdagangan. Sedangkan jika nilai total ekonomi barang yang diekpsor lebih besar daripada total nilai ekonomi barang yang diimpor disebut surplus perdangangan.
Defisti dan surplus perdagangan dipengaruhi oleh keunggulan absolut, kenuggula komparatif keunggulan bersaing nasional yang dinikmati oleh para sekutu perdagangan yang relevan, keadaan ekonomi suatu negara serta perjanjian dagan yang diambil
- Neraca Pembayaran
Neraca pembayaran merupakan arus keluar atau masuknya uang dalam suatu negara. Uang yang dilihat berdasarkan kepada uang yang dibayarkan oleh suatu negara untukpembayaran impornya atau uang yang diterima negara atas ekspor yang dilakukan.
Nilai Tukar
Manajemen Bisnis Internsional
Keberhasilan suatu perusahaan bergantung kepada seberapa baik perushaan itu dikelola, dalam bisnis internsional menjadi sebuah tantangan tersendiri terhadap sebuah manajemen dasar karena akan menjadi lebih sulit dilakukan apabila bisnis tersebut dilakukan di beberapa pasar yang tersebar di dunia.
Ada 3 keputusan mendasar yang harus diambil apabila perusahaan yang kita kelola ingin ikut terjun dalam duni perdagangan internsional.
- Go international
Dalam tahap ini, kita harus memperhatikan banyak faktor untuk membuka perusahaan kita dalam dunia internasional.
Faktor pertama adalah ada tidaknya permintaan dari luar negeri. Melihat banayk sedikitnya permintaan dari luar negeri dan membandingkannya dengan permintaan domestik.
Faktor kedua, produk yang bisa kita hasilkan. Apakah bisa dimodifikasi agar bisa sesuai dengan pasar internsional yang mempunyai lebih banyak selera.
Faktor ketiga, iklim bisnis luar negeri cocok untuk mengimpor atau tidak. Dilihat dari situasi dan kondisi negara-negara internsional.
Faktor keempat, memiliki pengetahun dan keahlian yang cukup dan diperlukan untuk mengelola bisnis di luar negeri.
Bila keempat fakto tersebut sudah bisa dipenuhi dan kita siap unutk membuka bisnis secara internsional hal terpenting yang harus kita lakukan adalah beradaptasi dengan keinginan konsumen internasional.
- Tingkat keterlibatan Internasional
Setelah memutuskan untuk go international perusahaan harus memutuskan tingkat keterlibatannya dalam perdanganan internasionalnya. Beberapa tingakt yang bisa dipilihi diantaranya :
-Ekportir dan importir
Eksportir adalah perusahaan yang mendistribusikan dan menjual produk-produk kepada satu negara atau lebih. Importir adalah perusahaan yang memebli produk –produk di pasar asing dan kemudian mengimnpornya untuyk dijula kembali di negaranya. Eksportir dan importir saat ini tidak selalu dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar, tapi banyak juga perusahaan kecil yang terlibat.
-Perusahaan internasional
Perushaan internasional adalah perusahaan yang menjalankan sebgaian besar bisnisnya di negara asing, tapi tetap memprioritaskan pemasaran produknya d pasar domestik.
-Perusahaan Multinasional
Perusahaan Multinasional adalah perusahaan yang merancang, memproduksi, dan produknya di banyak negara. Perusahaan multinasional umunya mempunyai kebijakan internasional terhadap bisnis mereka, tetapi tidak adahubungan satu sama lain antara kantor pusat dengan setiap kantor di negara yang berbeda.
- Struktur Organisasi Internasional
Tingkat keterlibatan yang berbeda dalam bisnis internasional membutuhkan jenis struktur organisasi yang berbeda. Berikut ini adalah

Terimakasih.. Artikel yang menarik..
BalasHapusMy Blog
TERIMAKASIH TELAH MEMBERIKAN INFORMASI YANG BAIK
BalasHapusMy blog
Mengingat perdagangan bebas merupakan masa depan bisnis dunia perlu adanya pemahaman lebih lanjut terhadap konteks bisnis global yang harus di pahami bagi pelaku ekonomi agar mampu mempersiapkan diri dan menentukan langkah-langkah bisnis dalam mewujudkan perekonomian yang stabil dalam persaingan perdagangan bebas.
BalasHapusWebsite: konteks judi online