Biasanya kita hanya mengasosiasikan bahwa marketing artinya menjual produk kepada konsumen berupa suatu barang, tetapi sebenarnya tidak melulu atau harus barang yang kita jual kepada konsumen. Banyak juga hal-hal lainnnya yang bersifat tangible (dapat dlihat bentuknya) atau intangible (tidak dapat dilihat bentuknya) yang bisa kita jual kepada konsumen. Jenis-jenis hal yang bisa kita jual (Marketed) diantaranya :
- Goods (barang)
- Service (jasa)
- Event & experience (kegiatan dan pengalaman)
- Persons (orang)
- Place & Properties (daerah dan properti)
- Organisasi
- Information (Informasi)
- Idea (ide)
Kemudian, setelah kita mengetahui akan menjual produk yang akan kita jual, kita harus juga menentukan pasar (market) yang akan kita masuki. Hal yang harus pertama kita laukan sebellum kita memasuki pasar adalah menetukan segmen pasar dari produk yang akan kita jual, setelah itu kita menentukan target dari produk yang kita jual dan menentukan posisi produk kita dalam pasar tersebut. Keseluruhan kegiatan ini dalam dunia marketing biasa disebut dengan STP (segmentation, targeting and positioning).
Misal sebuah contoh, kita mendirikan sebuah perusahaan clothing. Hal yang pertama kita lakukan adalah membuat segmen pasar dari produk clothing yang kita jual. Apakah akan menjual produk bagi remaja, orang tua atau anak-anak. Setelah menentukan segmen, kita tentukan target dari segmen pasar yang akan kita masuki, apa segmen itu untuk orang-orang luar kota, apakah orang dengan penghasilan dengan tingkat pengehasilan menengah, atas atau tingkat bawah . Setelah menentukan kedua hal tersebut selanjutnya kita harus menentukan akan berada di posisi apa dalam segmen pasar tersbut untuk mendapatkan target market yang sesuai. Apakah kita akan menjadi follower /pengikut yang sudah memasukia pasa tersebut lebih dului atau menjadi leader yang membawa ide-ide baru dan nilai yang lebih baik kepada konsumen dalam pasar tesebut.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar